Woy Pelayan Publik, Baca nih!

Pak Presiden minta rakyat boleh berpendapat asal sopan. Maaf pak, cara sopan ternyata ngga kedengeran.

Gue lihat-lihat para 'pejabat' pelayan publik kudu banyak lagi belajar soal esensi berhadapan dengan RAKYAT, yes, para boss itu kita sebut RAKYAT yang mereka wakili dan harusnya mereka naungi. Apa yang harus pertama dibenerin?


Semoga husnul khotimah Affan, dan semoga syahid jalanmu


Prinsip Komunikasi Publik. 

1. Transparansi (Keterbukaan)

Informasi publik harus disampaikan secara jelas, lengkap, dan mudah diakses oleh masyarakat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. - bikin live streaming semua kegiatan formal dan agenda kenegaraan yang melibatkan hajat orang banyak.

2. Akuntabilitas

Komunikasi yang dilakukan pemerintah penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi isi, sumber, maupun dampaknya. - jangan asal ngomong dan nyanyi.

3. Konsistensi

Pesan yang disampaikan harus selaras antar lembaga/instansi pemerintah, tidak kontradiktif, dan mengikuti garis kebijakan yang sama. - antara K/L sana sini harus kompak jangan saling debat.

4. Kredibilitas

Sumber informasi (pejabat pelayan publik, lembaga, atau kanal resmi) harus terpercaya sehingga masyarakat yakin terhadap kebenaran informasi tersebut. - benerin semua apps gebrakan kalian dan website atau socmed yang dikelola.

5. Kejelasan dan Kesederhanaan

Bahasa komunikasi publik harus mudah dipahami semua lapisan masyarakat, menghindari jargon atau istilah teknis yang membingungkan. - becanda boleh, tapi tolong paham konteks dan siapin narasi yang baik.

6. Partisipatif

Komunikasi bukan hanya satu arah. Pemerintah Penyelenggara negara perlu membuka ruang dialog, menerima umpan balik, aspirasi, dan kritik dari masyarakat. - ajak ngobrol, bikin stand kalo perlu di GBK buat rakyat bisa ngeluh langsung ke K/L terkait. YES, SE-RECEH APAPUN KELUHAN MEREKA. Kalo damkar aja bisa, masa kamu engga?

7. Cepat dan Responsif

Pemerintah Penyelenggara Negara harus sigap dalam merespons isu, krisis, atau kebutuhan informasi masyarakat untuk menghindari kesimpangsiuran informasi. - jangan kabur keluar negeri

8. Empati dan Humanis

Pesan yang disampaikan perlu menunjukkan kepedulian terhadap kondisi masyarakat, sehingga tidak terasa kaku atau sekadar formalitas. - jangan berpikir POV kamu doang, pikirin jutaan rakyat yang beda posisi dan privilese dari kalian.

9. Kesetaraan Akses Informasi

Informasi publik harus bisa diakses oleh semua kalangan, termasuk kelompok rentan, dengan memanfaatkan berbagai media (online, offline, bahasa daerah, bahasa isyarat, dll.). - pake tuh anggaran komunikasi buat enabling kesetaraan akses informasi, problem rakyat bukan pinjol, judol dan situs bokep doang.

10. Berorientasi pada Kepentingan Publik

Tujuan komunikasi publik Pemerintah penyelenggara negara bukan sekadar citra, melainkan memberi manfaat nyata dan mendukung pemenuhan hak masyarakat atas informasi. - BUKAN SEKADAR CITRA!


Dah, makasih dah baca omelan aku di H+7 atas tuntutan 17+8 yang gak beres juga KPI-nya tuh pelayan publik.

Comments

Popular posts from this blog

Renungan Transjakarta Sore Ini

Why Making Everything Digital Is Important

Romantisme Allah Lewat Azan: Panggilan Mesra dari Langit