Friday 27 April 2012

Parental Advisory

Sitting in a coffee shop. Chatting with dad, rio, riris and babang. Those people are filling up my head this very moment. Let me unpack what I think of my dad, rio and riris.

Rio dan Riris berniat ke Bandung dengan keluarga Riris besok, seharian dan naik mobil. Terdengar aman di telinga gua. Jelas gua tetep wanti-wanti adik bungsu gua supaya hati-hati. Maklum, remaja cowok pasti nggak seberat remaja cewek pertimbangannya, jadi harus gua bikin lebih berat supaya dia bijaksana.

Gua izin ke papa dengan suara se-netral baja dan selembut uang 50,000 dari Bank Indonesia supaya dia izinin Rio pergi besok. Sekelebat terlintas ucapan tak tertulis dalam otak gua "kalo ada apa-apa, papa nggak mau tanggung jawab ya" yang mana kalo gua analisis lagi, adalah non-sense.

Setiap orang tua yang kehabisan argumen bersahaja untuk mengelabui sang anak terhadap paranoid-nya selalu mengesankan dia 'nggak peduli' lagi sama anaknya yang nggak bisa dinasehatin. Sebenernya, nggak gitu. Orang tua berada pada posisi paling simalakama yang nggak nyaman namun nggak terelakkan. Di satu sisi, mereka tau rasanya 'i need a break from shool and its craziness' dan di sisi lain mereka merasa 'i do not want anything bad happen to my love of my life'. Bingung.

Gua sendiri belum pernah jadi orang tua, tapi gua selalu ingin memahami jalan pikiran mereka, cara mereka menunjukkan kasih sayang, dan cara mereka menyampaikan rasa bangga atau kecewa. Been through it; yearning for an undesirable acknowledgment from your most inspiring people.

Gua pikir memahami sudut pandang orang tua adalah sulit, sampe akhirnya........ Hal yang lebih sulit buat gua adalah: memberikan pegertian kepada orang lain tentang sudut pandang tersebut, terutama kepada adik-adik gua. Yes, mereka 'se-zaman' sama gua, akan sangat bias dan naive kalo gua nggak bisa menetralisir persuasi ke-orangtua-an gua dalam memberikan arahan pada mereka. Sungguh sulit.

Yang mau gua tekankan kali ini adalah, the earlier you learn about something, the latter you'd be more regretful of what you did not do than what you did. Think it the way you have it.

No comments:

Post a Comment