Friday 31 December 2010

catatan akhir tahun

agak basi ya kalo saya nulis lagi tentang akhir tahun, ya apa lagi kalo bukan review atas 12 bulan yang udah saya lewatin? anyway, saya tetep akan nulis.



jadi awal tahun 2010 saya memulai perjalanan nekat ke Singapura dan Malaysia bersama seorang sahabat, Ayyi, she went to Japan for further education path. saya bangga sama Ayyi, always be my inspiration and I love her very much. Totally awal tahun adalah hectic-hectic ngerjain skripsi. ya, as you may know, saya bukan last-minuter yang slalu nunggu deadline, saya mau lulus cepet, that's all. bukan cuma skripsi, tugas s2 waktu itu rumit juga lho; PROPOSAL THESIS S2. rasanya mau ketawa puas mengingat hari-hari dimana saya nggak tidur dan slalu bercinta dengan laptop, kopi dan jurnal. selalu menyenangkan menjadi seorang pelajar.



februari saya putus dari pacar saya, Jehan. waktu itu lagi labil banget, rapuh dan sok asik dengan menjalin banyak hubungan sama orang banyak. saya beli tiket COPELAND dan rasanya excited sekali nonton konser di bandung. udah lama ngefans sama COPELAND dan terbukti kan, tiket terbeli beberapa bulan sebelum konser digelar. waktu itu sih kebetulan aja ada temen beli tiket, Ocke, jadi gak ribet aja ngurusnya. lagipula saya harus tetep fokus sama skripsi kan? setiap malem hampir deh, mimpinya sidang skripsi, mimpi nggak lulus. grrr.. nggak enak deh februari ini banyak tekanan.



masuk bulan maret, rasanya semangat skripsi lagi down, waktu itu saya baru mulai semester 2 dari kelas S2 saya, jadi agak berat ke S2 daripada skripsi. ditambah saya masih ngambil satu mata kuliah yang harus saya ulang; METODE PENELITIAN KUALITATIF. well, nilai saya sih nggak C, dan saya bukan nggak lulus mata kuliah ini. sayangnya nilai yang saya dapet sebelumnya itu nggak bisa ditebus di semester pendek, jadi saya harus ngulang lagi satu semester. maaf ya, being a perfectionist is always fun, dan saya emang suka sekali belajar. nggak peduli orang mau bilang "apa lagi yang mau lo enroll (ulang) phele??" saya senyum dan jawab "iya deh yang IPK-nya udah tinggi dan ga usah ngulang kuliah" lalu tertawa bersama-sama.



April kemarin mama ulang taun yang sangat nggak seru, karena beliau sibuk kerja di Malang dan saya di Jakarta berkutat dengan skripsi. well, beberapa hari kami ketemu sih, untuk ngomongin rencana umroh dan saya cerita bahwa saya ada mid-test untuk mata kuliah yang saya ulang itu. mama bilang, "cepet sidang nak, kita mau umroh" wah, rasanya Tuhan lagi kelewat sayang sama saya sampe ujiannya begitu berat. saya terpaksa ngebut skripsi dan kuliah setengah hati. satu mata kuliah tanggung yang masih tetep saya kejar supaya nilai saya bisa naik. waktu itu dosen saya lagi hectic banget tuh, sama anak-anak bimbingannya yang lain, dan yaah, karena saya bukan yang terbaik, jadi dia nggak bisa terhibur dengan setoran naskah skripsi saya.



Mei ini nih saatnya refreshment ke bandung, nonton COPELAND. naskah skripsi saya tinggal bab 5 aja yang belum submit ke dosen, dan sebelum berangkat, saya pastikan dosen saya terima naskah saya sampe bab 4. lalu mimpi buruk datang di malam hari saat perjalanan saya ke bandung. sang dosen marah karena naskah saya sampah. kalo nggak ada adimas waktu itu, rasanya setreeeess karena di email dosen dengan kata-kata yang begitu menusuk (lebay). dan adimas bener-bener membantu sekali, his shoulders and chest to cry on. lebih dari itu, tentu saja COPELAND really healed. met lots of friends and surely Aaron Marsh and the gang!! Lumayan.



Juni adalah bulan yang bersejarah buat saya: SIDANG SKRIPSI. tanggal 16 Juni, di bawah bayang-bayang rencana umroh dan tugas akhir S2, saya berhasil menurunkan berat badan 2 kg. nggak terlihat kurus, cuma semakin kurus aja. anyway, saya tetep harus sidang, dan saya jadi yang pertama sidang di antara temen-temen kelas saya. yah, jutaan (lebay) dukungan dan doa mengiringi saya, ironisnya, mama dan papa nggak ada di Jakarta, as always, they never changed; sibuk. untung saya punya babang, nanda, ajeng, adimas, kipril dan gradia yang nemenin saya sidang, tak lupa sepatu hitam pinjaman dari Jane :) selain sidang skripsi, saya berhasil mengubah status lajang saya: JADIAN SAMA ADIMAS. sound cheap ya, tapi so what? I do what I like and I like what I do.



Setelah lulus jadi sarjana komunikasi, saya hectic lagi dengan persiapan umroh. rasanya campur-campur, seneng-excited (sama aja ya ini 2 kata) dan grogi sekaligus sedih. indescribable feeling of my life. dan akhirnya tengah Juli saya ke tanah Madinah-Mekkah-Jordan-Palestina. jadi saksi kejahatan kemanusiaan dan kekejaman bangsa Yahudi di Palestina. saya bukan ahli politik atau kemanusiaan, tapi saya merasakan apa yang saya lihat bukannlah hal wajar di bumi Palestina. aduh, rasanya mau nangis deh waktu ngetik ini. rindu. rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu, rindu.



==============aduh, asli, nangis dulu ya==============



Welcoming August, saya dengan predikat lulus, pengangguran, nunggu wisuda dan coba-coba apply kerja. memang yang diisengin itu kadang suka bingungin. saya keterima di transTV dan dalam jangka waktu sebulan, saya harus dihadapkan dengan pilihan super sulit; KONTRAK KERJA 5 TAHUN. saya baru aja approve jadwal kuliah S2 saya dan nggak yakin bisa ngambil kerjaan gila yang menyenangkan untuk jangka waktu 5 tahun. bukan, bukan gajinya kecil, saya nggak peduli dengan gaji kecil. ini cuma masalah pertimbangan waktu dan efisiensi energi hidup. saya punya mimpi tentang akademik yang tinggi dan rasanya nama besar transTV pun harus saya hapus dari otak kiri saya dan kreativitasnya.



kalo sudah menjelang akhir-akhir taun, biasanya musim gugur ini jadi penentu buat saya. banyak keputusan yang harus diambil. September adalah awal tahun ajaran di Inggris dan beberapa bagian di Eropa. September adalah bulan kelahiran saya, September adalah bulan di musim gugur yang paling nyaman di Kanada. September adalah bulan buruh dan peringatan revolusi. September adalah awal dari langkah saya memulai melamar lagi kerja. September adalah bulan dimana ramadhan tiba, dan September adalah bulan dimana saya mulai les bahasa Arab, September adalah momentum dimana saya harus menolak beberapa lamaran kerja. September adalah bulan spesial buat saya.



Oktober ini diawali dengan lamaran ke DHL, yang dalam jangka waktu 3 minggu langsung memanggil saya untuk interview, tes tertulis dan tanda tangan kontrak. Tentu saja saya awali dengan liburan ke Hongkong dan merasakan jadi traveller sejati tanpa uang dan hati. Ah, Oktober ini rasanya jadi bulan paling bagus buat saya sepanjang 2010. Masalahnya saya merasa bulan ini adalah penentuan hidup dimana saya akan terima atau nggak nih tawaran kerja di DHL, yah, saya prediksi memang nggak akan dikontrak lama. which I was wrong, saya dikontrak kerja untuk 6 bulan. lumayan, sambil nemenin adimas yang juga lagi magang di traktor nusantara.



November saya resmi mulai kerja di DHL, saya bangun pagi dan memulai rutinitas yang beda tipis dengan masa-masa saya di SMA beberapa tahun lalu.menyenangkan dan mengejutkan. hari-hari saya begitu rutin dan yah, menyenangkan. saya banyak mendengar dan mulai mengurangi produktivitas menulis blog. sesekali liburan bersama pacar, nonton dia manggung dan beberapa botol minuman bersama teman tentunya. by the way, teman-teman S2 saya ganti lho di semester 3 ini. lots of wide friends with crazy thoughts and idea. I love my current life.



Desember, as fun as I can tell, bulan kedua kerja dan mama bener-bener nggak suka saya kecapekan, padahal saya ngerasa fun dan santai aja, iyaa, iyaa oke, beberapa godaan memang datang, tapi ayolah, proses kan? hidup ini kan intinya belajar dan merasakan. we don't know anything until we learn and we try. and I am not giving up to such unclear fears. iya iya, oke, inggris, oke study abroad, oke getting married, oke cepet lulus S2. oke!!! lots of dreams to catch huh? iya iya, oke!! dreams, i love you.

No comments:

Post a Comment