Wednesday 23 September 2009

Kembali Ke Bolivia

Hey, ternyata penulis BLOG ini tidak melupakan gue. Sempat sang penulis menanyakan kabar gue dan meminta gue menceritakan perkembangan terbaru dengan store Bolivia gue. Well, nggak banyak yang berubah. Gue masih jadi store manager (+ supervisor) dan belajar bahasa Brazil itu sebenernya nggak mudah. Jadi sekarang gue paham perasaan Sue Davies, sang dosen idola penulis blog ini.

Kalo semua orang sibuk menanyakan apa prestasi gue di Bolivia, well, sang penulis blog ini menanyakan:

Tentang sesuatu yang gue nggak ngerti.

  1. Hidup. Emang nggak perlu dimengerti, tapi cukup dijalani (dengan nikmat). Apa yang bisa gue jelaskan tentang hidup? Nggak ada, standar dan serba relative karena kemajemukan otak manusia makin beragam dengan kemajemukan individu. Tiap kepala punya ide masing masing tentang hidup. Papa misalnya, menaruh sisa hidupnya untuk Tuhan. Agak kontradiktif karena beliau masih suka menggunjing tentang bosnya (kepada gue doank!) dan kadang minum alkohol di akhir pekan. Nice pap!! Glad Mom has passed away. Ditambah keberadaan gue yang lagi jauh gini, membuat gue berpikir apakah dia masih memegang prinsip agamanya itu.
  2. Gaya. Setiap perempuan di store gue, bahkan yang terjelek sekalipun, selalu perhatian pada fashion. Kehebohan mereka selalu muncul di akhir bulan dan pada saat gajian. Gue nggak ngerti kenapa pengaruh fashion di Bolivia sangat kuat sehingga dari 5 laki laki yang kerja di store gue, dua diantaranya adalah gay pecinta mode. Gue kadang minder dengan gaya mereka yang sangat sophisticated. Gaya begitu penting lho di mata mereka, “can’t live without it Ma’am.” Antonio menjelaskan padaku dengan logat Brazil yang kental. Great style of English, man!!
  3. Cita cita. Kalo kita sering dengar sebuah pepatah “raih cita-citamu setinggi langit”. Have YOU gone to the sky? I mean, selain menumpang maskapai yang sering jatuh itu ya.. Apa sih relasi antara langit dan cita-cita.. Kalo mau ngambil segi “tinggi”nya, kenapa nggak ambil perumpamaan surga aja? Atau yg lebih pendek dkit lah… Bimasakti? GItu sih, manusia suka mengada-ada dan mencari segala sesuatu yang terlampau ideal dalam banyak hal. Materi lah, cinta lah, tempat tinggal lah, pakaian dalam, sampe ke warna kondom, sial!!
  4. Mantan pacar. Arrghh.. kali ini hanya email singkat dari sahabat gue tentang mantannya. Ngajak balikan setelah putus selama tiga hari. Tumben dia curhat sm gue, oh, mungkin karena selama enam bulan ini gue selalu ketus menanggapi keluhannya tentang pacarnya itu. Gue bingung banget! What’s the point of having that kinda relationship? Putus-nyambung-putus-nyambung. Kalo gue lagi sebel (which adalah komentar terakhir gue buat sahabat gue) gue bilang: “Lo hamil aja deh biar dia langsung nikahin lo! Gak ada lagi kisah putus-nyambung, toh di agamalo cerai itu gak boleh kan?” Dia diem, dan akhirnya nggak cerita lagi ke gue sampe tadi sore.
  5. Egosentrisme. Sebuah definisi dari ilmu etika komunikasi membayangi lorong kantor gue di Bolivia. Nggak ngerti tentang makna ethos dan motivasi kerja, tapi gue belum merasa nyesel kerja di sini meskipun udah hampir sebulan nggak makan nasi Gue butuh karbohidrat bentuk nasi, nggak terus terusan roti gini ah.. Kadang kalo nggak inget gengsi, gue udah ubah kontrak biar bisa cepet pulang. Gue butuh suatu hal yang merupakan kebiasaan, kebiasaan yang mendasar seperti kebutuhan selimut tebal dan NASI. Kangen rumah. Mungkin itu satu-satu nya yang bisa men-describe gue saat ini.
Penulis blog tidak terlalu cerdas dalam memaknai hidup dan pekerjaan. Ya, dia memang hanya menulis.

No comments:

Post a Comment