Sunday 25 October 2009

(hanya) LIMA ALASAN KENAPA SAYA CINTA PAPA..


Dari 18.000 alasan, saya boleh tuliskan lima (saja) alasan kenapa saya sayang pada ayah saya.

1. SABAR. Di antara puluhan ibu rumah tangga, nyokap gua adalah salah satu yang paling bawel, paranoid dan berlebihan. Selama lebih dari 20 tahun papa sudah sama mama dan betahan menerima kekurangan dan kelebihan mama (dengan kapasitas psikologi papa tentunya). Gua belajar bersabar dalam menghadapi siapapun, keadaan bagaimanapun, dimanapun. Papa mengajarkan kesabaran dalam berkendara serta sabar dalam menuntut hak kita. Kesabaran yang nggak diajarin sama guru atau dosen manapun.

2. KAYA. Lebih tepat kalo gue bilang "kerja keras" karena kaya itu relatif. Papa ngajarin gue makna dari kerja keras dan pengorbanan, tentang gimana seseorang harus berjuang keras untuk dapetin apa yang dia mau. Papa menunjukkan gimana berusaha tanpa lelah untuk mengejar suatu target. Bejuang dengan menghalalkan segala cara supaya apa yang kita mau bisa tercapai. Berjuang untuk mengingkari hati nurani supaya merasakan kebahagiaan semu.

3. MENGAYOMI. Gua selalu ingat kejadian umur 12 tahun dimana gua berteriak histeris karena mendengar ruang belajar gue diketok dari luar. Gua pikir hantu dan gue secara lincah lari ke pelukan papa yang kemudian menyeka keringat dan airmata gua. Ia memeluk gua dengan hangat dan melindungi gua dari segala bahaya. Papa selalu berusaha menyenangkan gua dan mencukupi KEBUTUHAN (bukan keinginan) gua.

4. JUARA. Belom ada yang masuk dan melabrak petugas pajak di ruangan pajak selain papa. Sekedar kesal karena terlalu diusut kepemilikannya atas usaha menengah yang berhasil menyekolahkan gua dan kedua adik gua. Papa kesal karena petugas pajak memperpanjang birokrasi yang menyulitkan (tuh, udah sulit, dipanjangin.. brengsek). Papa juga jago bohong karena ternyata gua belajar backstreet dari papa. Bukan sepenuhnya salah gua kalo ternyata pacar gua nggak kaya. Karena papa ternyata juara dalam membuat suatu citra.

5. KEKHAWATIRAN. Baru sore ini gua dengar om Yus bercerita pengalaman papa masuk ke ruangan bos PT API yang paling disegani asal Amerika. "Belum ada satu orangpun di Indonesia yg berani nerobos ruangan Mr Jab untuk ngajak turun ke lapangan ngelihat tabung selain Papamu, Nov" Wah.. papaku hebat. "Satu yang bikin dia panik.. kamu nginep di kantor dua hari dan nggak ada kabar". Jadi kabar dan keberadaan gua lebih penting dan menantang dibanding melawan aparat tertinggi di dunia sekalipun. Papa sayang gua.

Gue masih ingin mendeskripsikan 17.995 lagi alasan kenapa gua sayang papa. Bagi gua, dialah satu satunya pria yang menyayangi gua dengan cara itu. No man loves me like he do.
and now i just want to run to him to give him a hug and a spit.
for every drop of blood in my body, it belongs halfly to him.
i love him.

1 comment:

  1. ah.. u make me wanna jump to my dad's chest and hugs him forever!!!! go make our daddy proud.. :)

    ReplyDelete